Cara Membuat Catatan Yang Efektif
Cara Membuat Catatan Yang Efektif – Ingin postingan Anda lebih bersih, efisien, dan mudah dibaca? Cobalah teknik pencatatan dari Cornell ini. Cari tahu caranya!
Bagaimana biasanya Anda membuat catatan di kelas? Apakah Anda menggunakan kartu memori dan menggunakan banyak warna agar lebih mudah diingat?
Cara Membuat Catatan Yang Efektif
Metode pencatatan ini dikembangkan pada tahun 1950-an oleh Walter Pauk, seorang profesor di Cornell University. Mari kita lewati nada-nada berantakan yang membuat kepala Anda sakit dan gunakan teknik Cornell di bawah ini.
Mencatat Efisien Dengan Cornell Writing
Gambarlah garis yang membagi kertas yang Anda miliki menjadi tiga bagian. Pertama gambar 5 atau 6 garis horizontal dari bagian bawah kertas. Yang terbaik adalah menggambar garis dengan pena atau spidol sehingga Anda dapat melihat batasnya dengan jelas. Selanjutnya gambar garis vertikal sepanjang 5 cm dari kiri. Garis vertikal ini harus memanjang dari garis horizontal di bagian bawah catatan yang Anda buat sebelumnya hingga bagian atas kertas.
Metode penulisan Cornell memerlukan penggunaan kalimat pendek. Jadi, Anda perlu mengetahui cara mengurutkan dan menulis poin-poin yang benar-benar penting.
Kolom kanan dengan luas terluas merupakan tempat utama dimana anda akan menyimpan materi yang telah anda pelajari.
Jangan menggunakan kalimat yang panjang atau menuliskan apa yang dikatakan guru. Cobalah menulis kalimat Anda sendiri atau gunakan simbol untuk istilah tertentu. Anda juga dapat mempersingkat catatan Anda
Metode Catat Materi Belajar Yang Efektif
Kemudian pada kolom kecil sebelah kiri, Anda bisa mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan materi yang Anda tulis. Selain itu, Anda dapat menggunakan kolom kecil ini untuk menuliskan kata-kata asing yang Anda ketahui.
Misalnya saja Anda mempelajari matematika yang berhubungan dengan statistika. Di kolom kiri, Anda dapat menulis istilah-istilah asing yang berkaitan dengan materi, seperti “mean”, “kuartil”, “deviasi” dan lain-lain. Kolom ini akan memberikan gambaran umum tentang topik tersebut.
, mungkin Anda sudah jarang melakukannya sebelumnya. Namun, dengan metode Cornell, Anda harus mempertimbangkan kembali
Caranya, rangkumlah unsur-unsur yang telah Anda cantumkan pada kolom catatan kaki dan kata kunci, lalu buatlah kesimpulan. Dengan cara ini, Anda akan bisa menguasai materi dengan lebih baik.
Cara Efektif Membuat Minutes Of Meeting (mom)
Padahal, saat mencatat, Anda tidak hanya mengandalkan otak untuk menghafal materi yang sudah dipelajari, Anda juga melibatkan tangan dalam proses pembelajarannya. Dengan cara ini Anda dapat mengingat pelajaran dengan lebih jelas. Mudah dan efektif
Penulis konten dan konten. Saya harap postingan saya selaras dengan Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! 😀 Mencatat adalah hal yang sangat penting yang harus dimiliki setiap orang. Bukan hanya bagi pelajar atau mahasiswa saja, namun juga bagi para pekerja. Mencatat bukanlah kegiatan menulis yang sederhana. Selain itu, mencatat dapat membantu kita lebih memahami dan mengingat materi yang disampaikan. Dengan mencatat, otak kita lebih siap menerima informasi baru. Ada berbagai cara untuk membuat catatan. Setiap orang juga dapat menulis dengan cara yang berbeda-beda, ada yang hanya menggunakan tulisan dan ada pula yang memerlukan alat bantu visual dan alat pemetaan pikiran. Namun ada cara yang efektif untuk mencatat, yaitu metode penulisan Cornell. Dikembangkan pada tahun 1950-an oleh profesor Cornell University, Walter Paul, metode Cornell tidak hanya mempermudah pencatatan, tetapi juga mempermudah menghafal materi yang disajikan. Metode Cornell memiliki sistem untuk membuat, mengatur, dan meninjau catatan tertulis. Biasanya strategi ini mengharuskan penulis membuat kolom di buku catatannya. Oleh karena itu, sebelum menulis hendaknya penulis menyiapkan catatan yang dilengkapi kolom-kolom, sehingga nantinya ketika materi telah disampaikan, ia dapat langsung membuat catatan tanpa perlu membuat kolom lagi.
Cara ini fokus pada layout pada setiap postingan. Dalam penulisan konvensional, biasanya kita akan menulis di awal nama. Kemudian akan dituliskan catatan mengenai materi yang diberikan di bawah ini. Biasanya orang mencatat apa yang mereka dengar dan poin-poin penting dalam satu bagian. Hal ini akan menjadi tidak efisien karena ketika kita membaca kembali catatan kita, kita harus membacanya satu per satu untuk menemukan poin-poin penting dalam catatan kita. Di bagian atas kita bisa menulis nama mata pelajaran, mata kuliah atau apapun beserta tanggalnya. Beri jarak sekitar 7 cm pada sisi kiri kertas catatan, atau dapat disesuaikan dengan lebar kertas, seperti kata kunci atau pertanyaan dari materi yang disarankan. Di sebelah kanan, ini adalah bagian metode terluas yang bisa kita tulis untuk catatan kita seperti biasa. Terakhir, kolom paling bawah berisi kolom untuk merangkum.
Setelah membuat kolom tata letak untuk catatan tersebut. Kemudian kita dapat menyiapkan beberapa alat untuk membantu memaksimalkan catatan tersebut, seperti alat untuk menulis materi, spidol warna atau stabilo untuk memberi warna berbeda pada setiap bagian catatan. Jika Anda tidak ingin langsung membuat catatan pada kolom tertentu, Anda bisa menyiapkan kertas tambahan untuk mencoret-coret.
9 Metode Dan Tips Belajar Efektif, Ujian Jadi Gampang!
Setelah mencatat pada kolom yang diberikan. Maka akan lebih mudah bagi kita untuk membaca kembali catatan tersebut. Jika ingin menambahkan catatan untuk memperbaikinya, kita dapat menambahkan poin dari materi tertulis pada setiap kolom catatan. Seiring dengan penyempurnaan materi, maka kita akan lebih mudah mengingat materi yang disampaikan kepada kita. Setelah menyelesaikan catatan, kita dapat mencatat kata-kata kunci dan poin-poin penting. Kemudian pikirkan materi yang telah Anda pelajari. Apakah poin ini penting? Bagaimana menerapkan ide ini? Atau kritik apa yang ada dalam dokumen ini?
Memaksimalkan kelas kami secara efisien menggunakan metode Cornell. Metode pencatatan ini cenderung membuat catatan cepat dan singkat, namun mencakup seluruh uraian dan poin-poin penting dalam materi. Dengan cara ini, selain menghemat waktu, penulis juga lebih mudah merevisi dan mempelajari materi yang sudah ada. Penelitian menunjukkan bahwa Anda bisa melupakan 90% dari apa yang Anda pelajari dalam waktu kurang dari seminggu. Dengan menuliskan catatan, Anda bisa mengurangi amnesia mendadak ini. Berikut adalah 10 tips mencatat yang bermanfaat.
Mencatat juga memerlukan persiapan. Jika Anda tidak memiliki gambaran jelas tentang apa yang akan Anda pelajari, kualitas catatan Anda tentu tidak akan maksimal. Anda tidak memahami alur dan konsep penting yang harus difokuskan. Jadi bacalah sebelum Anda pergi ke kelas!
Beberapa orang mengabaikan tanggal dan nama. Hal ini penting untuk membuat catatan Anda lebih rapi dan teratur sehingga Anda dapat membacanya nanti.
Template Buku Harian
Ada yang disebut metode Cornell, yaitu metode mencatat dengan membuat dua kolom. Kolom kanan mewakili sekitar 2/3 halaman, yang digunakan untuk menulis poin-poin penjelasan selama pembelajaran. Kolom kiri diisi dengan istilah-istilah penting, poin-poin penting dan pertanyaan-pertanyaan setelah pelajaran. Kemudian, ringkasan di bawah dua kolom.
Pencatatan akan jauh lebih efisien jika Anda dapat membuat peta pikiran yang disebut peta konsep. Anda dapat memahami bagaimana satu konsep berhubungan dengan konsep lainnya, dan mana yang lebih penting untuk diingat. Gambaran keseluruhan pelajaran lebih jelas dan pelajarannya tidak sesulit kelihatannya.
Bermainlah dengan imajinasi Anda, apalagi jika Anda adalah orang yang visual, Anda pasti suka bermain dengan warna. Jangan hanya menggunakan pulpen hitam saja, gunakan pulpen berwarna biru dan merah saat mencatat. Warna juga bisa diberi kode, misalnya biru untuk ringkasan dan merah untuk kata kunci.
Penelitian Universitas Princeton menunjukkan bahwa catatan tulisan tangan lebih mudah diingat dibandingkan catatan dari gadget. Jadi jangan terlalu sering menulis dengan gadget, apalagi saat memotret!
Cara Membuat Catatan Dari Buku Pelajaran (dengan Gambar)
Sangat berguna untuk membuat catatan penting di buku pelajaran sekolah. Anda dapat menuliskan detail penting dan menempelkannya pada halaman buku.
Ada baiknya untuk mencoba, tapi ingat: jangan menuliskan semua yang dikatakan guru. Tuliskan apa yang penting bagi Anda. Sibuk menuliskan semuanya justru berarti tidak memperhatikan pemahaman penjelasan guru dan juga membuang-buang kertas.
Jangan menunggu hingga setiap halaman terisi penuh, sisakan sedikit ruang, lalu pindah ke halaman baru. Ruang ini berguna untuk komentar tambahan pada postingan Anda selanjutnya.
Saat ini, ada banyak aplikasi yang membantu Anda membuat catatan dengan lebih efisien. Misalnya saja aplikasi “Bersih” yang memungkinkan Anda berbagi kelas sekolah satu sama lain. Ada juga aplikasi Evernote di ponsel cerdas Anda untuk membuat catatan dengan mudah dan nyaman.
Career At Deepublish
Komunitas IDN Times adalah platform media untuk menulis. Segala karya tertulis yang dihasilkan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis. Mengambil pelajaran dari guru, mendengarkan dia menjelaskan pelajaran, apakah Anda ingat semuanya? Sebaiknya buat catatan agar tidak melupakan hal-hal penting. Dibandingkan dengan menemukan banyak materi di buku, catatan ini membantu Anda mempersiapkan materi ujian dan memudahkan dalam mereview materi. Selain itu, tulisan tangan dikatakan membantu saya mengingat pelajaran.
Caranya adalah dengan menghubungkan topik besar dengan topik kecil hingga ke akarnya. Pendekatan ini memaksa kita untuk berpikir dari satu titik dan kemudian menyebar ke berbagai arah.
Anda dapat menulis topik utama, diikuti dengan subtopik poin-poin penting, subbagian, dan hal lain yang menurut Anda penting. Dengan melakukan ini, Anda dapat memahami bagaimana satu konsep berhubungan dengan konsep lainnya.
Metode ini melibatkan menyimpannya dalam tiga kolom. Catatan ini juga membuat tulisan kita menjadi lebih jelas dan terstruktur.
Jadwal Belajar Efektif Di Rumah Untuk Anak Sd
Di sebelah kanan, mencatat seperti biasa di kelas selagi guru menjelaskan. Mulai dari judul, topik dan elemen penting lainnya.
Nah untuk bagian kirinya diisi dengan istilah-istilah penting, tahun, angka, atau poin-poin penting lainnya yang akan membantu Anda mengingat materi saat hendak mengikuti ujian. Bagian ini dapat dilakukan setelah pelajaran direview.
Terakhir, kolom bawah berisi hal di atas