Panduan Dasar Menghadapi Wawancara Kerja
Panduan Dasar Menghadapi Wawancara Kerja – Behavioral event interviewing (BEI) merupakan teknik wawancara yang banyak digunakan oleh perusahaan. Meski terkesan sederhana dan biasa saja, wawancara ini dapat membantu perusahaan memperoleh lebih banyak informasi untuk memprediksi perilaku dan kinerja karyawan di masa depan.
Proses wawancara ini seringkali merugikan para pencari kerja. Namun, dengan persiapan yang matang, wawancara sebenarnya bukanlah tahapan yang sulit. Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum BEI? Lihat pratinjaunya di bawah ini.
Panduan Dasar Menghadapi Wawancara Kerja
Ada beberapa jenis teknik wawancara yang digunakan HR saat melakukan tahap wawancara terhadap calon karyawan baru, salah satunya BEI. Teknik wawancara ini pertama kali dikembangkan oleh psikolog Amerika David McClelland pada tahun 1970an.
Cara Menjawab Pertanyaan Interview Part 1 ππ»ββοΈ
BEI adalah teknik wawancara yang berfokus pada pengalaman kandidat di masa lalu dalam situasi tertentu untuk memprediksi perilaku dan kinerja mereka di masa depan. Penggunaan teknik BEI menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan wawancara tradisional.
Melalui BEI, departemen HR akan menerima lebih dari sekedar informasi umum yang diberikan kandidat dalam resume mereka. Namun HR bisa mengetahui secara detail kualitas, pola pikir, dan perilaku sang kandidat.
Tujuan utama wawancara BEI adalah untuk mendapatkan gambaran luas tentang pengalaman masa lalu seorang kandidat dan potensi masa depan. Untuk melakukan hal ini, departemen HR biasanya mengajukan pertanyaan hipotetis yang mendorong kandidat untuk menceritakan kisah rinci tentang pengalaman mereka, mulai dari pola berpikir, cara mengambil keputusan, hingga tindakan dalam situasi tertentu.
ββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββββ sederhana melalui proses wawancara, seperti melakukan wawancara berbasis peristiwa perilaku (BEI), mempersiapkan jawaban yang benar. Sebab di BEI, jawaban para kandidat bisa menjadi indikator kinerja dan potensinya di masa depan.
23 Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Untuk Wawancara Kerja
Oleh karena itu, sebelum menghadapi wawancara, penting bagi kandidat untuk memahami konsep dasar BEI. Secara umum, pertanyaan yang diajukan akan membahas pengalaman masa lalu atau situasi spesifik yang pernah dihadapi kandidat, bukan sekadar teori atau pengetahuan. Nah, untuk melakukan behavioral event interview, simak tips di bawah ini:
Tips bekerja di BEI yang pertama adalah mempelajari deskripsi pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini akan membantu untuk mengetahui kompetensi atau keterampilan apa yang dicari perusahaan.
Selanjutnya, Anda dapat melihat pencapaian dan proyek yang telah Anda kerjakan sejak pekerjaan Anda sebelumnya. Buat daftar proyek-proyek besar dan pencapaian profesional yang relevan dengan posisi yang Anda lamar saat ini.
Selain proyek dan pencapaian dari pekerjaan sebelumnya, Anda bisa mengumpulkan pengalaman lain yang lebih beragam. Misalnya, bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda dapat membuat daftar pengalaman mulai dari aktivitas organisasi hingga proyek pribadi yang relevan dengan kompetensi yang Anda cari.
Tips Sukses Menghadapi Behavioral Event Interview Saat Rekrutmen
Setelah Anda mengetahui kompetensi apa saja yang dibutuhkan dan pengalaman apa yang Anda miliki, tips mempersiapkan wawancara behavioral event selanjutnya adalah dengan berlatih mempersiapkan jawaban Anda dalam format STAR. STAR sendiri merupakan singkatan dari Situation, Task, Action, Result.
Ini akan sangat membantu ketika menjawab pertanyaan BEI. Keempat komponen dalam metode STAR akan menjadikan jawaban yang Anda berikan lebih menarik, terstruktur, dan mudah dipahami.
Praktek adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi BEI. Latihan menjawab soal BEI dengan format STAR seperti gambar di atas. Anda juga bisa berlatih untuk memastikan jawaban yang Anda berikan singkat, padat, dan menjawab pertanyaan HR secara umum.
Hal yang tidak kalah penting dalam persiapan wawancara intervensi perilaku adalah konsistensi antara apa yang disampaikan dalam wawancara dengan apa yang tercantum dalam resume. Hindari memalsukan jawaban wawancara Anda, karena hal ini dapat berdampak buruk pada hasil wawancara, apalagi jika langsung diketahui oleh departemen HR.
Wawancara Kerja (modul)
Jadi, inilah beberapa tip untuk mewawancarai peristiwa perilaku dalam proses perekrutan. Ingatlah untuk selalu berpikir positif dan berusaha melakukan yang terbaik di setiap kesempatan. Semoga ini bermanfaat, yang terbaik adalah tetap tenang dan jelas tentang segala hal. Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara menangani situasi tersebut, berikut beberapa teknik dan contoh yang bisa Anda coba terapkan.
Selain bahasa tubuh, perhatikan juga kejelasan bicara. Tidak jarang sebagian dari kita kesulitan mengungkapkan kata-kata dengan jelas karena beberapa alasan, misalnya karena gugup atau ingin segala sesuatunya cepat selesai.
Jadi untuk memastikannya berjalan dengan baik, Anda bisa melatih pidato Anda sebelum melakukannya
. Cobalah berbicara di depan teman-teman Anda, perkenalkan diri Anda sepenuhnya. Berbicara dengan jelas dapat memberikan kesan bahwa Anda tenang dan siap menjalani prosesnya
Kenali Tipe-tipe Pertanyaan Interview: Structured Vs Unstructured
Anda pasti sudah mengetahuinya. Segala sesuatu mulai dari bahasa tubuh hingga cara Anda berbicara harus menunjukkan tingkat kesopanan Anda. Itu karena cara Anda bersikap, mulai dari masuk ke kamar dan menjabat tangannya
Memang proses presentasi ini terkadang membuat kita bingung, apakah kita ingin menjadi orang yang tenang atau menjadi orang yang percaya diri. Namun, masalah bisa muncul ketika rasa percaya diri berlebihan. Hal ini dapat membuat Anda menganggap remeh pencapaian tersebut
Pada. Usahakan untuk tetap tenang dan βtenangβ dengan tetap merasakan bahwa tahap ini adalah sesuatu yang serius, sehingga nantinya saat Anda mulai memperkenalkan diri lebih jauh, Anda bisa meyakinkan.
, pertama-tama Anda akan ditanyai nama Anda. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mencantumkan nama lengkap, tempat tinggal, dan posisi yang Anda lamar.
8 Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja. Yuk, Pelajari Cara Jawabnya
Diminta untuk menceritakan tentang diri mereka sendiri atau ketika mereka berkata, “Ceritakan tentang diri Anda.” Ini benar-benar bisa membuat Anda gugup pada awalnya. Namun, jika Anda memahami pertanyaannya, Anda akan mampu mengatasinya.
Meski sulit bagi Anda, cobalah bercerita singkat tentang diri Anda. Jangan biarkan diri Anda terjebak pada hal-hal yang tidak penting hingga terkesan berjangka panjang. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat merencanakan untuk menjelaskan poin-poin utama cerita saat Anda memperkenalkan diri.
Untuk memintamu bercerita tentang dirimu sendiri, yang mereka inginkan bukanlah cerita tentang masa kecilmu, makanan kesukaanmu, atau yang lainnya. Dikutip dari
Saat menjawab βceritakan tentang diri Andaβ, tujuan Anda adalah memberikan gambaran singkat tentang karier dan pengalaman kerja Anda, sehingga untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa memulainya dengan mengidentifikasi titik awal jalur karier Anda.
10 Tips Interview Kerja Yang Sukses Bikin Perekrut Terpikat
, Anda bisa memulai dengan menjelaskan status Anda sebagai lulusan baru, alasan Anda memilih perguruan tinggi, dan pandangan Anda terhadap karir di jurusan Anda.
Sedangkan jika Anda pernah bekerja sebelumnya, coba jelaskan setelah lulus dan jabatan yang Anda pegang sebelumnya.
Selanjutnya, fokuskan cerita Anda pada pengalaman, pencapaian, pencapaian, dan kemampuan yang Anda miliki. Anda bisa bersikap persuasif saat menjelaskan hal ini
Di atasmu. Namun yang terpenting semua hal tersebut berkaitan dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar.
Bocoran Pertanyaan Interview User Untuk Berbagai Profesi
βJadi bekerja (dalam posisi) di perusahaan ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk meningkatkan keterampilan dan juga membangun karir yang lebih baik di masa depan.β Yang perlu Anda lakukan hanyalah belajar dengan baik dan mempersiapkan diri. Ingat ungkapan βhasil tidak sebanding dengan usahaβ? Jadi coba saja dulu dan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Β kamu sudah berada di sana. Agar tidak terlambat dan tidak bingung, Anda bisa mengetahui lokasi kantor sehari sebelumnya.
Yang disediakan. Ada baiknya Anda masuk dulu dan menunggu perekrut. Intinya jangan sampai terlambat dan membuat HRD menunggu. Ini bisa berbahaya
, HRD mengevaluasi banyak hal. Termasuk cara berpakaiannya. Maka kenakanlah pakaian yang sopan dan rapi agar terlihat profesional dan nyaman dipandang.
30 Pertanyaan Interview Kerja Dan Cara Menjawabnya
, 71% perekrut memilih untuk tidak mempekerjakan seseorang yang berpakaian tidak pantas. Sayang sekali bukan jika kesempatan kerja Anda hilang hanya karena cara berpakaian yang tidak tepat?
Lebih banyak lagi. Pengusaha biasanya juga menanyakan pengalaman kerja sebelumnya. Hal ini untuk mengetahui karakter dan performa Anda. Anda bisa menjawab dengan metode STAR.
STAR adalah cara situasional untuk membicarakan pengalaman kerja Anda sebelumnya. Terdiri dari situasi, tugas, tindakan dan hasil. Penjelasan singkatnya berikut ini:
Pertanyaan Anda akan muncul, tapi setidaknya Anda sudah mempersiapkan beberapa di antaranya dengan baik. Anda akan lebih siap memberikan jawaban yang akurat dan jujur.
Perbedaan Interview User Dan Hrd, Pelamar Kerja Harus Tahu!
Selain itu, jika Anda ingin mempersiapkan diri lebih baik, Anda dapat mengikuti kelas di Click Skills Academy
Pasalnya, para perekrut sering bertanya, βMengapa Anda ingin melamar di perusahaan ini?β Nah, pertanyaan tersebut tentu bisa Anda jawab dengan hasil survei.
Bagus Perusahaan ini merupakan pemimpin di bidang kosmetik dan kecantikan.Β Selain itu, bekerja di industri kecantikan sangatlah nyaman
Dengan latar belakang farmasi, saya dapat membantu perusahaan menciptakan dan mengembangkan produk kosmetik untuk mencapai kualitas yang lebih baik.’
Wawancara Kerja Di Bidang Perhotelan? Ini Kunci Lancar Menjawabnya!
Diperlukan. Tujuannya agar ketika ada pertanyaan terkait posisi tersebut, Anda bisa memberikan jawaban yang baik.
Selain meneliti perusahaan dan posisi yang Anda lamar, jangan lupa belajar tentang diri Anda sendiri. Cari tahu apa kekuatan dan kelemahan Anda, kemampuan Anda, pengalaman kerja atau organisasi, pencapaian Anda di masa lalu, bagaimana Anda menghadapi tantangan atau tekanan, dll.
Yang bertujuan untuk mengenal karakter calon. Itu sebabnya perekrut sering bertanya: βCoba jelaskan apa kekuatan dan kelemahan Andaβ atau βBagaimana Anda mengatasi situasi sulit?β dan sebagainya.
Jika Anda saling memahami, Anda akan lebih mudah menjawabnya. Misalnya, βKelemahan saya adalah kelupaan. Untuk mengatasinya, saya sering membuat
Sulit Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja? Ini Solusinya
, atur alarm dan buat catatan pribadi agar pekerjaan saya lebih terstruktur dan tidak ada yang terlewat atau terlupa.β
Jika Anda tidak gagap atau gugup, ada baiknya Anda berlatih terlebih dahulu. Anda dapat bercermin, memperhatikan bahasa tubuh, kontak mata, dan cara berbicara. Anda juga dapat berolahraga bersama teman selama kelas menggunakan aplikasi yang digunakan
Kepada teman tentang cara menjawab pertanyaan, ekspresi wajah, suara, intonasi, dll. Pasalnya, hal-hal tersebut berpengaruh lho. Berdasarkan data dari
Usahakan menjawab dengan jelas dan tidak bergumam. Percaya diri, tidak menunduk dan memasang wajah ramah. Jangan kasar ya nanti HRD akan terlalu kasar soalnya
Tips Interview Kerja Agar Lolos Dari Jebakan Pertanyaan Hrd
Saat pertama kali bertemu dengan seorang perekrut, usahakan untuk memberikan kesan yang baik. Perhatikan kerapian pakaian yang Anda kenakan. Pastikan juga bahasa tubuh yang Anda tunjukkan tidak seperti itu